Cara Membangun Personal Branding Melalui Sosial Media

Cara Membangun Personal Branding – Pada era digital pada saat ini memang banyak sekali sosial media yang digunakan oleh hampir seluruh masyarakat yang ada di dunia. Contohnya saja adalah media sosial seperti Facebook, Instagram, YouTube, Twitter bahkan sampai Linkedln, di mana media sosial tersebut memberikan dampak positif bagi kita semua.

Salah satunya ialah dapat mengetahui cara membangun personal branding. Perlu Anda ketahui jika personal branding merupakan promosi terhadap diri sendiri yang menjadikan pemilik akun merupakan produk yang akan selalu dikaitkan dengan karir serta kesuksesan yang telah diraih. Dimana personal branding ini merupakan cara untuk bisa memasarkan diri sendiri dan bisa mencapai target yang diinginkan.

Dengan gelombang sosial media yang semakin kuat setiap harinya orang-orang tidak akan pernah lepas dari yang namanya sosial media, entah itu untuk membuat status memposting foto, video ataupun konten-konten lain yang menarik. Nah, untuk itulah Anda harus bisa mengetahui bagaimana cara membuat personal branding baik dengan menggunakan media sosial seperti halnya di bawah ini:

  • Media Sosial Harus Menggunakan Nama Yang Sama

Di dalam media social Anda juga harus mendeskripsikan siapa diri Anda dengan sebetulnya. Pastikan informasi dan juga foto yang anda cantumkan adalah asli milik Anda, dan jangan sampai Anda menggunakan foto ataupun informasi lain seperti halnya menggunakan foto artis. Jadi, secara otomatis orang lainpun bisa dengan mudah mendapatkan informasi tentang Anda.

  • Secara Berkala Selalu Memperbarui Profil Sosmed

Profil yang ada di sosial media memang sangat penting untuk selalu di-update ketika Anda ingin melakukan personal branding. Entah itu dimulai dari biografi, kemudian deskripsi bahkan sampai foto profil. Dengan profil yang update, maka akan jauh lebih besar kemungkinan dilihat oleh orang banyak. Sehingga orang lain pun memiliki keyakinan jika sosial media tersebut betul-betul milik Anda dan dikelola Anda sendiri.

  • Memposting Sebuah Konten Sesuai Dengan Passion

Tak bisa dipungkiri jika konten yang ada di media sosial memang semakin banyak untuk itulah Anda harus menemukan ide kreatif untuk menyuguhkan sebuah konten yang sesuai dengan passion anda. Akan tetapi ada juga harus mengingat jika tidak semua media sosial memberikan izin para pemiliknya untuk memposting konten dengan jumlah banyak di dalam waktu yang berdekatan.

Contohnya saja seperti sosial media Facebook, yang mana Anda tidak bisa meng-update status dengan waktu yang berdekatan seperti sosial media Twitter. Itulah mengapa ada juga harus memastikan waktu yang tepat untuk memposting konten yang Anda miliki. Pastikan semua kalian tersebut memang sesuai dengan passion Anda.

  • Bergabung Di Dalam Komunitas Atau Grup

Komunitas menjadi salah satu tempat untuk membagikan ilmu sehingga wawasan Anda pun semakin bertambah. Ketika Anda bergabung ke dalam komunitas yang mempunyai visi sama dengan Anda, maka Anda bisa mengajukan beberapa pertanyaan yang nantinya akan dijawab oleh orang-orang yang ada di dalam komunitas tersebut, terlebih jika orang tersebut lebih senior dari Anda.

Cara membangun personal branding yang satu ini bisa Anda lakukan dengan melakukan interaksi dengan orang-orang yang ada dalam komunitas tersebut. sebab besar kemungkinan profil yang anda miliki pun akan direkomendasikan oleh orang-orang yang ada di dalam komunitas.

  • Memilih Media Yang Tepat

Ketika passion telah Anda temukan dalam diri Anda, maka langkah berikutnya ialah pemilihan media yang tepat agar bisa menaikkan personal branding. Misalnya saja, terdapat seorang fotografer sehingga media sosial yang sangat tepat untuk dimiliki adalah Tumblr dan juga Instagram. Sedangkan untuk media sosial lain seperti Google+, blog dan juga Twitter menjadi sarana untuk melakukan promosi dari hasil hasil foto yang sudah diunggah pada akun Instagram.

  • Follow Akun-Akun Yang Berfaedah

Terdapat cara lain untuk bisa membangun personal branding di sosial media, di mana Anda harus mengikuti akun-akun yang berfaedah di mana akun tersebut sesuai dengan karakteristik yang Anda miliki.

Jika memang Anda sangat suka menulis mengenai perihal keuangan maka Anda bisa mengikuti akun berita dalam negeri bahkan sampai ke luar negeri, bisa juga Anda mengikuti akun instansi terkait contohnya seperti Bank Indonesia, kemudian mengikuti akun kementerian keuangan dan masih banyak lagi. Dimana untuk cara ini akan memudahkan Anda mendukung personal statement yang Anda miliki.

  • Mintalah Testimoni Dari Teman Atau Kerabat

Di dalam akun LinkedIn, konten yang Anda bagikan bukan perihal yang Anda minati saja, sebab nantinya anda akan menerangkan lebih detail mengenai diri Anda termasuk pengalaman Anda ketika bekerja bahkan hal lain yang mendukung karir Anda hingga saat ini. Nah, agar bisa menaikkan personal branding maka Anda bisa meminta testimoni dari orang-orang yang Anda kenal seperti halnya teman ataupun kerabat. 

Ketika Anda tidak yakin melakukan personal branding tanpa adanya pihak yang ahli. Maka Anda bisa menggunakan jasa personal branding kami, yang mana cara membangun personal branding kami telah berhasil dirasakan oleh banyak pengguna jasa terdahulu. Jadi tunggu apalagi? Langsung saja Anda customer service kami.

Artikel lainnya:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *